Kelas 5A Pilih Konfigurasi Meja Konferensi Untuk PAS


Tak seperti biasanya, bulan ini merupakan tersibuk bagi guru dan siswa MI Miftahul Akhlaqiyah, pasalnya sesi evaluasi yaitu penilaian akhir semester (PAS) gasal tahun ajaran 2019/2020 jatuh pada bulan ini.

Mengapa pelaksanaan PAS menjadi sangat penting?

Tidak bisa kita pungkiri bahwa penilaian merupakan hal yang sangat penting bagi terselenggaranya proses pembelajaran. Maka pelaksanaan PAS merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengukur kualitas dan kuantitas peserta didik di SD/Madrasah Ibtidaiyah.

Pelaksanaannya sendiri dimulai tanggal 2 sampai dengan 10 Desember 2019 dan diikuti oleh kelas 1 sampai dengan kelas 6. Berbagai upaya positif dilakukan untuk meraih nilai yang maksimal, seperti menambah interval belajar dan lain sebaginya.

Foto diatas adalah PAS di yang diambil di ruang kelas 5b, tampak berbeda dalam penataan meja di ruangan kelas ini. di kelas ini dipilih konfigurasi model konferensi, siswa terlihat lebih tertib dan rapi. Penataannyapun di lakukan dengan sistem undian. Setiap siswa mengambil nomor yang telah disediakan dan mencocokkan dengan nomor yang ada di meja.

Menurut wali kelas 5b, pak Labib, cara tersebut dilakukan untuk memberikan variasi dalam kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) gasal. "Agar siswa tidak bosan dengan penataan ruang kelas yang itu itu saja, ujarnya.

Harapannya prestasi siswa tahun ini lebih meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.