Akhlaqiyah Kenalkan Keanekaragaman Indonesia Lewat Seni Tari



Akhlaqiyah nampak tidak main-main dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bagaimana tidak, bab keanekaragaman budaya Indonesia bukan hanya dikenalkan pada perserta didik melalui gambar atau video. Seperti yang terlihat di MI Miftahul Akhlaqiyah pasa Kamis, 20 Februari 2020 bahwa seluruh peserta didik kelas VI secara langsung mempraktikan beragam jenis tarian daerah di Indonesia.

Hal ini pun tidak luput dari perhatian wali peserta didik kelas I dan II yang saat itu berniat menjemput putra putrinya ke Madrasah. Selain wali peserta didik, warga sekitar juga datang menyaksikan. Oleh sebab itu, meskipun praktik pentas tari yang dipersembahkan anak-anak kelas VI terlihat sederhana tetapi terasa meriah.

Untuk mengapresiasi hasil latihan peserta didik kelas VI tersebut, Lulu'atul selaku guru kelas VI juga menghadirkan juri untuk menilai penampilan mereka. Ia menerangkan, "Sengaja kita beri dewan juri agar mereka semangat untuk tampil, karena sudah selama 2 minggu ini latihan sampai sore", tuturnya.

Bukan hanya semakin mengenal ragam seni tari di Indonesia, rupanya melalui metode tersebut dapat memupuk rasa kebersamaan dari peserta didik yang didapat melalui proses latihan serta joged poco-poco bersama setelah praktik menari selesai.