Pengenalan Platfrom Pembelajaran Baru Yaitu Google Classroom

Gambar : Platform Microsoft office 365 dan Google Classroom

Sudah mulai diputuskan oleh Menteri Pendidikan Indonesia bapak Nadiem Makarim bahwa tahun ajaran baru ini pembelajaran daring akan tetap dilakukan dan diperpanjang durasi waktunya. Hal ini dikarenakan untuk  wabah corona covid-19 masih terus meningkat, dan pemerintah memutuskan untuk meliburkan sekolah. Meski begitu, bukan berarti para siswa boleh bermain dan rekreasi di luar di saat pandemi covid 19. Agar semangat belajar mereka tak padam, para guru diminta untuk melakukan proses pembelajaran jarak jauh (e-learning), untuk semester 2 tahun ajaran 2019/2020 MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji sudah menggunakan Microsoft office 365, nah di tahun ini rencana sekolah akan berganti  menggunakan Google G-Suite, yang di dalamnya terdapat Google Classroom.
Sekilas tentang Google Classroom, adalah aplikasi gratis yang disediakan Google untuk membantu para guru atau tenaga pendidik lainnya dalam proses belajar mengajar. Proyek Google Classroom mulai diumumkan secara resmi pada 6 Mei 2014, sebagai bagian dari program G-Suite for Education. Pada Januari 2015, Google meluncurkan Google Classroom dalam versi aplikasi seluler.
Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Sebagai bagian integral dari G Suite, aplikasi ini mengikat Google Drive, Google Docs, Google Sheets and Slides, dan Gmail secara bersama-sama untuk mendukung proses pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa, yang konon di dalam penyimpanan awanya atau cloud bisa tidak terbatas atau unlimited. (Arul/PJOK/20/7/20)