Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember

Tahukah kamu tanggal 9 Desember diperingati sebagai hari apa? Tanggal 9 Desember diperingati sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia. 

Peringatan hari anti korupsi merupakan salah satu edukasi terhadap masyarakat tentang korupsi yang dapat merusak pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat di dunia.

Korupsi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

Pada peringatan hari korupsi tahun 2020 yang masih dalam masa pandemi covid-19, dalam laman Anti Corruption Day, menyebutkan tema tahun ini menekankan bahwa pemulihan Covid-19 yang inklusif hanya dapat dicapai dengan integritas dan akuntabilitas. 

Tema yang dipilih yaitu "Recover With Integrity: Mitigasi korupsi dan pemulihan Covid-19". Tema ini diusung karena maraknya tindakan korupsi di masa krisis dan pandemi global seperti saat ini.

KPK juga menyebutkan tema hari anti korupsi melalui surat edaran terkait pada 20 November 2020 yaitu "Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi".

Mari kita perangi tindakan korupsi, terlebih di masa krisis dan pandemi Covid-19. Hentikan tindakan korupsi mulai dari diri sendiri dan dari hal-hal yang kecil. -arf