Menumbuhkan Jiwa Kebersamaan Siswa Melalui Pembelajaran PJOK


Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap kepribadian dan kepercayaan pada siswa. 

PJOK adalah salah satu mata pelajaran di sekolah yang memadukan antara ketrampilan motorik , psikomotorik serta pengetahuan anak. Pembelajaran PJOK yang identik dengan aktifitas fisik yang melelahkan di mata anak dan cenderung membosankan dengan kegiatan di awal pertemuan selalu diawali dengan pemanasan statis dinamis membuat guru PJOK mencari cara lain agar anak atau siswa menjadi bersemangat kembali dan juga antusias dalam mengikuti pembelajaran PJOK dilapangan. 

Hal ini yang sudah mulai diterapkan pada sekolah MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang, sebelum masuk pada pembahasan materi setiap awal pembelajaran PJOK di kelas 1-6 guru selalu aktif serta kreatif dalam menciptakan suasana kelas dengan diawali dengan kegiatan ice breaking, permainan pemanasan, dan permainan outbond. Selain manfaat dari kegiatan tersebut untuk meningkatkan semangat belajar siswa serta harapannya secara tidak langsung mereka dapat melatih kedisiplinan, kekompakan, kebersamaan dan juga sikap bertanggung jawab.