Akhlaqiyah Pantau Kegiatan Amaliyah Siswa Selama Ramadhan





     
    Bulan Ramadhan tahun 2020 sedikit berbeda dibanding Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya umat Muslim di seluruh dunia melewati Bulan Suci Ramadhan di tengah pandemi Covid-19. Hal ini jelas membuat aktivitas termasuk segala kegiatan ibadah harus dilakukan di rumah saja demi memutus rantai penyebaran Covid-19. 

         Itu pula yang harus dirasakan oleh seluruh keluarga besar MI Miftakhul Akhlaqiyah. Khususnya untuk peserta didik, jelas sekali perbedaan yang dirasakan karena selain bersekolah di MI Miftakhul Akhlaqiyah memiliki banyak agenda tahunan yang dilaksanakan selama Ramdhan setiap tahun. 

      Salah satu hal umum yang biasa dilakukan peserta didik adalah mengisi buku kegiatan Ramadhan selama 30 hari yang tiap harinya akan rutin diperiksa oleh Bapak Ibu Guru Kelas. Namun meskipun segala kegiatan dilakukan dari rumah, Bapak Ibu guru kelas tetap dapat memantau kegiatan amaliyah peserta didiknya selama Ramdhan. 

      Bukan tidak mungkin, jika ditilik kembali MI Miftakhul Akhlaqiyah merupakan Madrasah yang telah menjajal sistem online pada segala bidang. Sistem online tersebut telah dilaksanakan bahkan sebelum merebaknnya virus corona di Indonesia. Pengisian buku Ramadhan online tersebut dapat dilakukan melalui PC maupun smartphone. 

     Buku kegiatan Ramadhan diisi oleh peserta didik setiap hari selama bulan Ramadhan dan hasilnya dapat diakses oleh Bapak Ibu guru kapan saja dan dimana saja. Kegiatan amaliyah yang dipantau meliputi ibadah sholat lima waktu, ibadah puasa, sholat tarawih, tadarus Al-Qur'an, solat dhuha, kegiatan sahur dan berbuka, sedekah, dan berbagai kegiatan lainnya.