Mari Selamatkan Bumi Kita dengan Satu Orang Menanam Satu Pohon

Apakah kamu tahu tanggal 28 November diperingati sebagai hari apa? 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Hal ini berdasarkan Keppres RI Nomor 24 Tahun 2008. Keputusan tersebut sekaligus menjadi amanat kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk minimal menanam satu pohon atau yang dikenal dengan istilah “One Man One Tree”. 

Kata ‘pohon’ identik dengan hutan. Ketika kamu menanam satu pohon maka kamu menyelamatkan hutan, ketika kamu menyelamatkan hutan maka kamu menyelamatkan bumi. Mengapa demikian? Karena banyak sekali manfaat dalam satu pohon yang kamu tanam. Apa manfaatnya? Tentu kamu bisa membandingkan bagaimana ketika kamu berada di tempat yang banyak pohon dan tempat yang tidak ada pohon. Setelah kamu membandingkan, maka kamu tahu apa manfaat pohon.

Secara sederhana pohon bermanfaat untuk kesegaran dan keteduhan. Masih banyak manfaat lain yang tentu sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia dan bumi ini. Pohon berperan sebagai penyerap CO2 dan mengeluarkan O2 yang dihirup oleh manusia. Makin banyak pohon maka makin banyak O2. Makin banyak pohon maka makin berkurang pula kadar CO2, yang mana di bumi kita sangat banyak CO2 yang dihasilkan dari pembakaran seperti kendaraan bermotor.

Selain itu pohon juga memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya longsor. Tanah di daerah perbukitan atau pegunungan mudah sekali mengalami longsor. Apabila tidak ada pohon yang menahan tanah tersebut maka akan terjadi longsor.

Pohon juga dapat menyimpan cadangan air, sehingga dengan kita menanam pohon maka kita juga turut melakukan konservasi mata air. Dengan menanam pohon kita juga dapat mengurangi pemanasan global, karena gas-gas efek rumah kaca seperti C02 dapat diserap oleh pohon.

Bahkan, pohon yang memiliki daun lebar diyakini dapat menyerap bahan-bahan pencemar udara. Karbondioksida dan timbal akan ditangkap oleh sel-sel daun untuk kemudian diolah dalam proses fotosintesis.

Banyak sekali manfaat pohon bagi kehidupan manusia dan bumi.

Mari mulai menanam pohon. Budayakan setidaknya satu rumah satu pohon. Sisihkan sebagian waktu bermain gadget-mu untuk gerakan menanam pohon. Lakukan gerakan hari ini untuk perubahan di masa depan! -arf