Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2020




Ing Ngarsa Sung Tuladha
Ing Madya Mangun Karsa
Tut Wuri Handayani

Itulah semboyan pendidikan di Indonesia. Pada sistem pendidikan formal tentu tak lepas dari istilah guru dan siswa. Guru adalah artis di dalam kelas yang diharapkan dapat memberikan contoh yang baik, membangkitkan semangat dan motivasi siswa, serta mendorong siswa untuk mencapai tujuan belajar.

Belajar? Kini belajar tidak lagi hanya berpusat pada guru. Namun belajar berpusat pada siswa. Siswa diberi kemerdekaan dalam belajar. Guru memfasilitasi apa yang menjadi bakat dan minat siswa. Siswa sendiri yang menentukan apa yang ingin mereka pelajari. 

Pada masa pandemi seperti ini, tentu guru sangat merindukan siswa, begitu juga sebaliknya. Guru telah berupaya dengan maksimal untuk memfasilitasi kebutuhan siswa dalam belajar. Semua bersinergi untuk mewujudkan pembelajaran yang dapat menunjang kebutuhan siswa.

Berawal dari yang tidak mungkin menjadi mungkin, dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang sukar menjadi mudah, dari yang belum terbiasa menjadi terbiasa. Itulah yang tergambar dalam pembelajaran daring di masa pandemi ini. Siswa belajar guru pun ikut belajar. Sungguh luar biasa perjuangan bapak/ibu guru. Pengabdiannya, jasa-jasanya, serta pengorbanannya semoga menjadi amal jariyah yang terus mengalir pahalanya. Guru engkau lah pelita bagi anak bangsa.

Selamat Hari Guru Nasional 2020
Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar

ar