Tips Hemat Kuota Internet Pembelajaran Daring Akhlaqiyah


Aisyah sedang asik menonton video pembelajaran di channel youtube Miftahul Akhlaqiyah. Tiba-tiba videonya berhenti dan ada peringatan "Kuota internet habis, anda sedang offline". Aisyah pun kesal dan langsung bertanya kepada Akhlaqiyah.

"Akhlaqiyah kenapa kuota internetku cepat sekali habis? Padahal aku baru menonton video materi Aqidah Akhlaq" Tanya Aisyah.
"Benarkah? Apakah kamu sudah cek? Coba ingat-ingat kamu hanya gunakan untuk menonton video pembelajaran atau untuk bermain game juga? Atau menonton youtube?" Akhlaqiyah bertanya balik kepada Aisyah.

Aisyah pun tersenyum malu, karena ia merasa menggunakan kuota internetnya untuk bermain. Akhlaqiyah pun menasihati Aisyah agar bijak dalam menggunakan kuota internet untuk belajar.

Yuk simak apa saja tips yang diberikan Akhlaqiyah untuk Aisyah agar lebih hemat kuota internet pembelajaran daring.

Pertama, pilih resolusi terendah saat menonton video. Saat memutar video pembelajaran di channel youtube Miftahul Akhlaqiyah kamu bisa pilih kualitas/resolusi video yang paling kecil agar menghemat kuotamu. Biasanya resolusi yang paling rendah yaitu 144p.

Kedua, jika ada tugas video yang harus diunggah, maka kamu dapat mengompres video tersebut ke ukuran video yang lebih kecil. Makin besar ukuran video maka kuotamu akan makin berkurang untuk mengunggah video tersebut. Jadi kamu dapat kompres video terlebih dahulu menggunakan aplikasi kompressor.

Ketiga, kurangi menonton/mendownload/bermain selain pembelajaran. Bermain gawai juga perlu memerhatikan waktu jadi kamu harus disiplin dalam membagi waktu kapan kamu harus belajar dan kapan kamu harus bermain gawai. Jangan sampai setiap hari kamu memegang gawai tetapi tidak pernah menonton video pembelajaran atau membuka tugas yang dibuat oleh ibu/bapak guru.

Itulah 3 tips dari Akhlaqiyah. Mari belajar dengan disiplin walau di rumah aja. Biasakan bijak dalam menggunakan kuota internet untuk pembelajaran.
Semangat belajar dari rumah.
Salam hangat dari bapak/ibu guru. 🥰🤩