Menanamkan Nilai Sosial Kepada Anak Melalui Zakat

    Mengajarkan nilai-nilai sosial kepada Anak dapat dilakukan melalui pendidian formal maupun informal. Meski hal tersebut sedikit banyaknya telah didapatkan Anak di Madrasah, edukasi tetap harus diberikan oleh lingkungan keluarga khususnya Orang tua. Terlebih saat pembelajaran daring anak lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. 

    Menanamkan nilai sosial perlu dilakukan sejak usia dini karena melalui nilai sosial yang didapatkan, anak juga mendapat pendidikan rohani. Pendidikan rohani bermanfaat bagi kesempurnaan fitrah manusia dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang didasarkan pada ilmu agama.


 

   Terlebih saat memasuki bulan Suci Ramadhan, ini menjadi momentum yang pas untuk menanamkan nilai sosial melalui zakat. Mengenalkan dalil tentang zakat juga mampu memberi penekanan tentang pengertian dan fungsi menunaikan zakat yang disampaikan secara sederhana ke anak. 

    Dengan mengenalkan zakat kepada anak sejak dini jelas membawa dampak positif dalam tumbuh kembang dan berkehidupan sosialnya. Manfaat tersebut diantaranya Menumbuhkan sikap empati terhadap orang lain, menumbuhkan sikap saling tolong menolong, hingga mengajarkan anak untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

    Bersama dengan ini diharapkan anak akan terus merekam pentingnya menunaikan zakat. Sehingga akan  muncul kesadaran diri untuk terus menunaikan perintah berzakat sampai dewasa.