Pengawas Kemenag Kota Semarang Lakukan Monitoring SPMB & ASAS di MI Miftakhul Akhlaqiyah


Semarang, 4 Desember 2025 - Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2025/2026 & Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) Tahun Ajaran 2026/2027 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftakhul Akhlaqiyah mendapatkan perhatian langsung dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang. Pada Selasa (3/12/2025), Pengawas Madrasah Kemenag Kota Semarang, Ibu Hj. Mafruhatun, S.Ag., M.Pd.I, hadir untuk melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi.

Kedatangan Ibu Hj. Mafruhatun disambut hangat oleh Kepala Madrasah beserta jajaran guru. Kegiatan monitoring ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelaksanaan ASAS & SPMB di MI Miftakhul Akhlaqiyah berjalan sesuai dengan pedoman dan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh Kemenag.

Dari hasil monitoring yang dilakukan, Ibu Hj. Mafruhatun menyatakan apresiasi atas persiapan matang dan kelancaran hari pertama pelaksanaan ASAS di MI Miftakhul Akhlaqiyah.

"Alhamdulillah, pelaksanaan ASAS di MI Miftakhul Akhlaqiyah hari ini berjalan tertib, lancar, dan sesuai dengan prosedur. Kami melihat anak-anak sangat fokus dan serius dalam mengerjakan soal, didukung oleh kesiapan panitia dan pengawas yang profesional," ujar Ibu Mafruhatun.

Kepala MI Miftahul Akhlaqiyah, Bapak Rif’an Ulil Huda, M.Pd., menyampaikan terima kasih atas kunjungan monitoring dari Pengawas Madrasah Kemenag Kota Semarang. Pihak madrasah berkomitmen untuk menjaga kualitas pelaksanaan ASAS hingga hari terakhir dan juga pelaksanaan SPMB Tahun Ajaran 2026/2027.

"Kami berupaya keras agar ASAS ini tidak hanya menjadi rutinitas, tetapi juga momen penting untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran dan integritas kepada seluruh siswa. Masukan dan arahan dari Ibu Pengawas akan kami jadikan pedoman untuk peningkatan kualitas madrasah di masa mendatang," tutup Kepala Madrasah.

Diharapkan, hasil ASAS ini dapat menjadi cerminan dari capaian kompetensi peserta didik selama satu semester, serta menjadi bahan evaluasi bagi guru untuk perbaikan proses pembelajaran ke depannya.