Menanamkan Kejujuran Siswa-siswi MI Miftahul Akhlaqiyah Sejak Dini


Jujur atau kejujuran merupakan aspek yang berhubungan dengan karakter dan moral. Arti dari kata jujur yaitu berkata atau berbuat dengan sebenar-benarnya.

Kejujuran harus ditanamkam sejak dini agar siswa-siswi MI Miftahul Akhlaqiyah terbiasa berkata maupun berbuat secara jujur dan tidak berbohong kepada guru, teman maupun orang tua. Sehingga sampai dewasa pun sudah tertanam nilai karakter/moral kejujuran pada diri mereka.

Penanaman kejujuran ini juga merupakan implementasi pembelajaran aqidah akhlak dan PKN dalam kehidupan sehari-hari.

Praktiknya seperti pada pelaksanaan PAS pada tanggal 2-10 Desember 2019 lalu, siswa-siswi dilatih sejak dini  dalam kejujuran mengerjakan soal PAS. Seperti di kelas 4A, sebelum siswa mengerjakan soal, semua buku, lks dan tas harus di letakkan di depan kelas. Di meja hanya ada alat tulis dan papan ujian.

Siswa-siswi mengerjakan soal sesuai dengan waktu yang ditentukan. Merekaharus mengerjakan sendiri dan tidak boleh bekerja sama dengan temannya. Siswa percaya diri dalam mengerjakan PAS. Selain itu, sebelum PAS siswa-siswi sudah belajar sendiri di rumah sehingga sudah punya bekal materi yang cukup untuk mengerjakan soal PAS keesokan harinya.

 "jadwal PAS hari senin sudah mulai saya pelajari pada hari sabtu, kemudian di lanjutkan lagi hari ahad dan hari senin setelah sholat subuh," tutur Yoga, salah satu siswa kelas 4A.